Konsultasikan Rencana Pernikahanmu
Rp0

No products in the cart.

Mau yang murah tapi deg-degan atau harga wajar tapi hati tenang dan nyaman?

Rp0

No products in the cart.

13 Cara Beli Rumah Tanpa Riba, Solusi Cicil Bebas Denda

Must Try

hellobrides
hellobrideshttps://thehellobrides.com
Hello Brides adalah wedding planner dan organizer profesional yang membantu merencanakan dan mengorganisir pernikahan Anda.

Sebagai masyarakat muslim terbesar di dunia, banyak orang Indonesia yang lebih berminat untuk beli rumah tanpa riba dengan sistem KPR syariah.

Selain sesuai dengan ajaran Islam, metode ini juga dianggap lebih menguntungkan daripada KPR konvensional.

Dalam skema pembelian rumah bank konvensional, kamu pasti sering mendengar tentang suku bunga. Singkatnya, suku bunga sendiri adalah imbal jasa atas pinjaman uang yang dikenakan perbankan kepada debiturnya.

Besaran suku bunga sendiri bermacam-macam, tergantung pada ketentuan pemerintah dan bank yang bersangkutan. Namun tak dimungkiri, jika suku bunga adalah salah satu faktor yang memberatkan masyarakat dalam melunasi cicilan rumah.

Ditambah lagi adanya bunga yang dianggap bertentangan dengan syariat Islam. Bagi kamu yang beragama muslim, ada baiknya untuk membeli rumah tanpa riba.

Beli rumah tanpa riba? Bisa-bisa saja dilakukan, kok! Sebagian orang menganggap membeli rumah dengan sistem KPR syariah merupakan solusi untuk menghindari riba. Sistem ini juga kerap dianggap lebih menguntungkan daripada KPR konvensional.

Berikut beberapa cara dan tips beli rumah secara tunai yang wajib diketahui.

1. Cash keras

Beli rumah cash merupakan salah satu opsi jika Anda memiliki banyak tabungan. Anda bisa membeli rumah langsung ke developer secara cash. Beberapa developer kerap memberikan diskon jika membayar dengan sistem cash keras.

Sistem ini mengharuskan Anda untuk menyiapkan budget besar sesuai dengan harga rumah ditambah dengan biaya-biaya lainnya. Sesuaikan tipe rumah dengan budget yang dimiliki. Jika belum memiliki tabungan, Anda bisa mulai menabung atau investasi terlebih dahulu.

Sebaiknya sisihkan minimal 30% dari penghasilan setiap bulannya. Manfaatkan THR dan bonus untuk menambah tabungan membeli rumah. Jika memungkinkan, miliki pekerjaan sampingan, seperti freelancer atau memulai bisnis untuk menambah penghasilan.

Ada beberapa tips menabung untuk membeli rumah lainnya, Anda dapat membacanya melalui artikel berikut: Tips Menabung untuk Membeli Rumah dengan Gaji UMR

2. Beli rumah dengan tunai bertahap

Developer memiliki cara bayar dengan sistem tunai, tunai bertahap, dan kredit melalui bank. Tunai bertahap atau cash installment bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin beli rumah tanpa riba. Sistem ini memiliki jangka waktu mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

Misalnya Anda membeli rumah dengan harga Rp400 juta selama 36 bulan. Maka setiap bulan, Anda harus membayar sejumlah Rp11,1 juta per bulan. Skema ini mirip dengan cicilan, hanya saja jangka waktu pembayaran cash bertahap lebih pendek dan tanpa bunga.

Baca Juga: Bukan Cuma Impian, Berikut 8 Cara Hemat Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

3. Beli rumah melalui KPR syariah

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan opsi untuk Anda yang ingin memiliki rumah dengan dana terbatas. Jika ingin beli rumah tanpa riba tetapi belum bisa secara cash keras atau cash bertahap, maka KPR syariah bisa dijadikan solusi.

Sesuai namanya, KPR syariah merupakan produk KPR yang memiliki perbedaan skema dengan prinsip syariah Islam. Hal yang membedakannya dengan KPR konvensional adalah akad yang digunakan dan angsuran bunga flat hingga angsuran berakhir.

Hal ini berbeda dengan KPR konvensional yang memiliki suku bunga floating, dimana jumlah cicilan akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan mengikuti BI rate. Sementara KPR menggunakan akad syariah sesuai dengan tujuan pembiayaan Anda, seperti Akad Murabahah, Akad Istishna, Akad Musyarakah Mutanaqisah, dan Akad Ijarah Muntahiyah bi Tamlik.

Baca Juga: 9 KPR Syariah Termurah dan Mudah Pengajuan Serta Simulasi Cicilan

4. Membangun rumah secara bertahap

Jika budget terbatas untuk membeli rumah siap huni, Anda bisa membangun rumah secara bertahap. Tahapan pertama, beli tanah secara cash tanpa riba. Setelahnya, bangun rumah secara bertahap, misalnya tanpa perlu finishing terlebih dahulu asal rumah bisa ditempati sesuai fungsinya.

5. Mengajukan cicilan KPR langsung ke developer

Cara Hemat Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Baca Juga: Kredit Mobil Syariah: Pengertian, Syarat, Cara Pengajuan, dan Simulasi Cicilan

Beli rumah tanpa riba selanjutnya adalah dengan mengajukan cicilan langsung ke developer properti syariah. Saat ini ada banyak developer properti syariah yang memiliki cara pembayaran melalui cicilan tanpa perantara bank. Umumnya tenor yang ditawarkan cukup singkat, yaitu 1-5 tahun. Namun, pastikan untuk memeriksa legalitas developer sebelum akhirnya membeli rumah melalui developer properti syariah.

6. Beli rumah bekas dengan negosiasi

Artikel Terbaru

Artikel Bermanfaat Lainnya: