Konsultasikan Rencana Pernikahanmu
Rp0

No products in the cart.

Mau yang murah tapi deg-degan atau harga wajar tapi hati tenang dan nyaman?

Rp0

No products in the cart.

Bukan Cuma Impian, Berikut 8 Cara Hemat Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Must Try

hellobrides
hellobrideshttps://thehellobrides.com
Hello Brides adalah wedding planner dan organizer profesional yang membantu merencanakan dan mengorganisir pernikahan Anda.

Cara Hemat Membangun Rumah – Kebutuhan akan rumah masih menjadi tantangan bagi kalangan milenial. Harga properti yang terus melambung tinggi membuat sulit bagi generasi muda untuk memiliki atau membangun rumah sendiri.

Sebagai alternatif, banyak dari mereka memilih untuk menyewa tempat tinggal karena keterbatasan dana.

Namun, dengan pengelolaan keuangan yang cerdas, biaya sewa tersebut sebenarnya bisa dialokasikan untuk proyek membangun rumah sendiri!

Dengan sedikit usaha dan strategi berikut, kamu dapat mewujudkan impian memiliki rumah meskipun dana terbatas.

1. Sebelum memulai proyek pembangunan, pertama-tama, rencanakan dengan cermat dan rinci semua pengeluaran.

Ini dapat dilakukan setelah menetapkan ukuran bangunan, bentuk rumah, dan target waktu pembangunan. Setelah semuanya jelas, susunlah anggaran secara terperinci. Anggaran ini akan menjadi pedoman setiap kali kamu mengeluarkan biaya selama proses pembangunan rumah.

2. Lakukan survei material bangunan untuk merinci harga-harga dengan lebih mudah.

Biaya bahan bangunan adalah salah satu faktor yang dapat membuat biaya pembangunan rumah melonjak. Oleh karena itu, penting untuk melakukan survei material bangunan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan bahan bangunan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak ada kerugian untuk meluangkan waktu melakukan riset harga bahan bangunan yang akan kamu gunakan.

3. Pilih bahan bangunan lokal untuk mengurangi biaya.

Cara Hemat Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Bahan bangunan berkualitas tinggi juga dapat ditemukan dari merek lokal. Selain memiliki kualitas yang baik, bahan bangunan dari merek lokal cenderung lebih terjangkau harganya. Dengan memilih bahan lokal, kamu dapat menghemat uang untuk digunakan pada keperluan lainnya.

4. Pilihan untuk menggunakan jasa tukang secara borongan dapat membantu mengurangi pengeluaran untuk proyek pembangunan rumah.

Dengan sistem borongan, kamu dapat memperkirakan total biaya pekerjaan dengan lebih pasti dibandingkan dengan sistem harian. Biasanya, proyek dengan sistem borongan juga akan selesai lebih cepat, sehingga kamu dapat mengurangi biaya makan siang yang diberikan kepada tukang bangunan. Meskipun demikian, penting untuk memilih tukang dengan pengalaman dan reputasi kerja yang baik.

5. Untuk menghemat anggaran, pertimbangkan untuk membangun kamar mandi hanya dengan shower.

Kamar mandi dapat menjadi salah satu komponen biaya pembangunan yang signifikan. Pembangunan kamar mandi melibatkan berbagai persiapan, seperti anti air, keran otomatis, furnitur kamar mandi, dan banyak lagi. Untuk menghemat biaya, pilihlah untuk membangun kamar mandi hanya dengan shower. Walaupun mungkin tidak sepraktis kamar mandi konvensional, cara ini terbukti efektif dalam mengurangi anggaran pembangunan.

6. Apabila dana yang kamu miliki sudah menipis namun rumahmu belum selesai, biarkan dinding rumah tanpa finishing.

Desain dinding tanpa finishing atau didempul tanpa dicat kini sedang diminati oleh masyarakat. Tampilan dinding seperti ini memberikan sentuhan industrial dan modern pada rumahmu. Jika ingin nuansa lebih rustic, kamu dapat mempernis dinding batu bata di area rumahmu. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya cat.

7. Jika anggaran yang dimiliki terbatas untuk membangun rumah, pertimbangkan untuk membangun secara bertahap.

Cara Hemat Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Keterbatasan dana bukan alasan untuk menunda impian memiliki rumah. Kamu masih bisa memulai proses pembangunan dengan membangun fondasinya terlebih dahulu, kemudian lanjutkan pembangunan sesuai dengan dana yang tersedia. Pembangunan secara bertahap memungkinkan penggunaan material yang lebih efisien dan menghindari pemborosan material yang tidak terpakai.

8. Untuk menghemat dana, pastikan memilih desain rumah yang sederhana namun tetap fungsional.

Cara Hemat Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Jika dana terbatas, pertimbangkan untuk memiliki rumah dengan desain minimalis. Selain menjadi tren, desain minimalis juga memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah membuat ruangan menjadi lebih multifungsi.

Sebagai contoh, ruang tamu dapat berfungsi sebagai ruang keluarga sekaligus. Tidak perlu bantuan arsitek, bahkan kamu dapat menemukan desain rumah minimalis dari internet dan media sosial.

Dengan strategi yang tepat, sekarang tidak ada alasan lagi untuk menunda pembangunan rumah impian. Meskipun sederhana, yang terpenting adalah rumah tersebut nyaman dan menjadi milik sendiri.

Artikel Terbaru

Artikel Bermanfaat Lainnya: