Konsultasikan Rencana Pernikahanmu
Rp0

No products in the cart.

Mau yang murah tapi deg-degan atau harga wajar tapi hati tenang dan nyaman?

Rp0

No products in the cart.

Home Blog

9 Tips Memilih Wedding Organizer Agar Tak Tertipu

Tips Memilih Wedding Organizer – Bingung Cari Wedding Organizer yang Tepat, Semoga 9 Tips Ini Bisa Membantu

Wedding Organizer alias WO adalah salah satu bisnis yang kini cukup populer sehingga digeluti banyak orang, setidaknya dalam 10 tahun terakhir. Jasa Wedding Organizer sering digunakan oleh calon pengantin dari berbagai kalangan untuk mempermudah mereka menggelar acara pernikahan sesuai konsep yang diinginkan.

Semakin banyaknya WO yang muncul dari tahun ke tahun pun akhirnya membuat pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan memiliki lebih banyak opsi untuk memilih WO mana yang mereka percaya untuk menangani pesta pernikahan mereka. Namun, karena terlalu banyak pilihan, tidak sedikit pasangan yang akhirnya bingung menentukan WO yang layak dipilih.

Apalagi beberapa tahun belakangan, cukup banyak kejadian dimana calon pengantin ditipu Wedding Organizer abal-abal sehingga acara pernikahan yang harusnya berlangsung khidmat malah jadi bencana.

Menanggapi hal tersebut, Azis White selaku Owner Hello Brides memberikan panduan, berdasarkan pengalamannya, setidaknya ada sembilan tips penting yang bisa jadi pertimbangan para calon pengantin dalam memilih WO yang tepat:

1. Memiliki Reputasi yang Baik

Memilih Wedding Organizer yang sudah memiliki track record positif merupakan langkah bijak. Tidak bisa dipungkiri, ada banyak WO yang mengklaim bahwa jasa yang mereka tawarkan adalah jasa terbaik dengan harga yang terjangkau. Bahkan seringkali harga yang ditawarkan tidak masuk akal.

Bagi calon pengantin harus waspada apabila harga yang ditawarkan oleh jasa wedding organizer terlalu murah dengan spek bombastis. Karena yang seperti itu seringkali malah berujung pada penipuan.

Alhasil, akibat tergiur harga yang murah malah tidak sedikit pasangan pengantin yang akhirnya kecewa karena ekspektasi tidak sesuai. Bahkan parahnya lagi, uang yang sudah dibayarkan malah dibawa kabur sama WO yang kurang kredibel.

2. Profesional dalam Bekerja

Reputasi sebuah WO biasanya berbanding lurus dengan seberapa profesional kinerja mereka dalam meng-handle sebuah pernikahan.

Semakin mereka profesional, semakin harum nama mereka di industri pernikahan.

Bagi calon pengantin, untuk memastikan apakah sebuah WO profesional atau tidak bisa dilihat selama proses konsultasi menjelang acara pernikahan.

WO Profesional akan menjelaskan dengan detil segala keperluan Anda untuk pernikahan, dan mampu memberikan solusi ketika ada suatu problem dalam proses persiapan pernikahan.

Baca Juga: Berapa Lama Sebaiknya Booking Paket Wedding Organizer?

3. Mampu Memenuhi Kebutuhan Klien dengan Baik

Ini adalah syarat mutlak pertama yang harus dimiliki oleh sebuah WO.

Pasalnya, wedding organizer harus bisa mengeksekusi segala kebutuhan klien mereka dalam sebuah acara pernikahan, mulai dari konsep, rundown acara, hingga dekorasi ruangan bahkan sampai layout meja prasmanan, dan lain-lain.

Tentunya, semua dalam batas yang wajar dan masuk akal.

4. Fleksibel

Tips memilih wedding organizer selanjutnya adalah mencari wedding organizer yang fleksibel. Fleksibilitas sebuah WO juga menjadi penilaian tersendiri dari klien yang menggunakan jasa mereka.

Artinya, pihak WO diharapkan semaksimal mungkin harus bisa mengakomodasi keinginan klien yang tentunya punya konsep ideal di kepala mereka masing-masing. Karena pihak WO harus memahami bahwa setiap pasangan memiliki pernikahan impian yang berbeda satu dan yang lainnya.

Baca Juga: Kenapa Anda Harus Menggunakan Jasa Wedding Planner?

5.Komunikatif dengan Vendor dan Klien

Kemampuan sebuah WO dalam menjalin komunikasi dengan klien hingga vendor lain dalam sebuah acara pernikahan adalah poin yang tidak kalah penting.

Pasangan  yang sudah menikah tentu tahu betul bagaimana komunikasi dan koordinasi antara WO dengan pihak venue pernikahan, fotografer, videografer, hingga catering harus berjalan dengan lancar.

Tanpa adanya komunikasi yang baik, rasanya mustahil sebuah acara pernikahan bisa berjalan mulus.

6. Mampu Menyesuaikan dengan Budget

Budget alias modal dalam pernikahan adalah elemen penting.

Para calon mempelai hendaknya mencari WO yang bisa merealisasikan pernikahan impian mereka dengan budget yang mereka punya. Sehingga memilih WO yang tepat bisa mewujudkan pernikahan impian tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Baca Juga: √ 10 Tips Penting Dilakukan Jelang Persiapan Pernikahan

7. Memiliki Kantor

Wedding planner dan organizer yang terpercaya tentunya memiliki kantor sendiri ataupun galeri.

Kantor ini biasanya menjadi tempat meeting dengan para klien. Sehingga kamu bisa sekaligus survei langsung agar merasa lebih yakin dengan jasa WO yang hendak kamu pakai.

Vendor yang memiliki kantor sendiri lebih terpercaya di mata para konsumen, apalagi jika kantornya tersebut cukup besar, dan tertata dengan rapi.

8. Lakukan survei langsung

Jika sudah mulai terseleksi pilihan Anda, mulai atur jadwal meeting dengan vendor pilihan.

Utamakan untuk meeting di kantor mereka ketimbang hanya di mall atau restoran lainnya. Karena bisa sekalian cross check hasil survei di internet dengan keadaan sebenarnya.

Usahakan sebelum melakukan survei secara langsung, kamu membuat daftar pertanyaan apa saja yang ingin kamu tanyakan kepada vendor pernikahan.

Dengan melakukan survei secara langsung, kamu juga dapat mengetes mengenai pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh para vendor pernikahan.

Tentunya hal ini dapat meyakinkan kamu mengenai suatu vendor pernikahan. Agar kamu tidak terjebak perangkap wedding organizer abal-abal yang kurang berpengalaman.

Baca Juga: Kredit Mobil Syariah: Pengertian, Syarat, Cara Pengajuan, dan Simulasi Cicilan

9. Bertanggung Jawab selama Pesta Pernikahan

Tips terakhir adalah gunakanlah jasa WO yang kredibel dan terpercaya.

Sudah menjadi tanggung jawab WO untuk membuat sebuah acara pernikahan berjalan dengan teratur tanpa adanya kendala apapun, terlebih kendala akibat kelalaian WO dalam menjalankan tugas.

WO yang berkualitas tentunya akan bertanggung jawab penuh selama pembukaan hingga penutupan pesta pernikahan.

Baca Juga: Cara Memilih Paket Wedding Murah Di Palembang Biar Irit Budget


Itulah beberapa tips memilih wedding organizer Palembang terbaik untuk pernikahanmu. Selamat mencoba.

Jika kamu gak mau repot mencari wedding organizer yang berpengalaman, profesional, dan terpercaya. Kamu bisa langsung hubungi tim Hello Brides disini dan ceritakan tentang pernikahan impianmu. Sisanya biar kami yang urus.

Karena Hello Brides adalah Your One Stop Wedding Solution.

50 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan di Tahun 2024

50 Ide Usaha Sampingan Karyawan – Terkadang, keinginan untuk memiliki sumber penghasilan tambahan muncul, namun tidak semua orang tahu bagaimana memulainya, terutama bagi karyawan yang sibuk bekerja dari jam 8 pagi hingga 5 malam.

Tidak perlu khawatir, karena kami telah mengumpulkan beberapa ide usaha sampingan yang menguntungkan bagi para karyawan. Sebagai karyawan, Anda dapat menjalankan ide-ide ini selama Anda memiliki komitmen dan tekad.

Apakah Butuh Modal untuk Memulai?

Apakah Anda memerlukan modal untuk memulai usaha sampingan? Jawabannya tergantung pada jenis usaha yang Anda pilih. Beberapa mungkin memerlukan modal kecil, besar, atau bahkan tidak memerlukan modal sama sekali. Selain uang, modal juga dapat berupa keterampilan, pengetahuan, kreativitas, dan waktu. Penting untuk diingat bahwa usaha sampingan harus dilakukan dengan cara yang halal dan sesuai dengan hukum.

Ide Usaha Sampingan yang Menguntungkan

Berikut adalah beberapa jenis usaha sampingan yang dapat menguntungkan bagi karyawan, mulai dari hiburan, penjualan barang, hingga penyediaan jasa. Anda perlu menentukan apa yang dapat Anda jual atau berikan kepada pelanggan.

  1. Blog (Hiburan):

Jika Anda suka menulis atau memiliki keahlian dalam suatu niche, pertimbangkan untuk membuat blog. Anda dapat menghasilkan uang melalui iklan digital atau penempatan produk dalam artikel.

2. Podcast (Hiburan):

Membuat podcast adalah usaha sampingan lain yang dapat menguntungkan. Anda dapat memulainya dengan memilih topik yang Anda kuasai dan menghasilkan pendapatan melalui iklan jika podcast Anda memiliki cukup pendengar.

3. Micro Influencer (Hiburan):

Dengan memiliki 1.000 pengikut, Anda dapat menjadi micro influencer. Meskipun tarifnya mungkin tidak sebesar influencer besar, ini bisa menjadi langkah awal menuju dunia influencer marketing.

4. YouTuber (Hiburan):

Menjadi YouTuber memerlukan keterampilan video editing dan pemilihan topik yang dicari oleh banyak orang. Dengan promosi yang baik, Anda dapat membangun audiens di platform YouTube.

5. Menulis eBook (Hiburan):

Jika Anda memiliki pengetahuan dalam suatu bidang, tulislah eBook dan jual di platform seperti Amazon. Pastikan eBook Anda berkualitas tinggi untuk mendapatkan ulasan positif.

6. Menarasi Audiobook (Hiburan):

Narasikan buku orang lain atau audiobook buatan sendiri. Anda dapat menjualnya di berbagai platform dan mendaftar sebagai narator lepas.

7. Menyewa Kamar (Jasa):

Jika Anda memiliki kamar kosong, pertimbangkan untuk menyewakannya melalui platform seperti Airbnb atau sebagai kos-kosan. Ini dapat menghasilkan pendapatan tambahan, terutama jika lokasi Anda strategis.

8. Disc Jockey (Hiburan):

Jika Anda suka membuat remix lagu-lagu terbaru, menjadi DJ bisa menjadi usaha sampingan yang menyenangkan. Buatlah playlist remix dan bagikan di platform seperti YouTube atau Spotify.

9. DIY (Barang):

Jual produk DIY seperti baju atau celana tie dye. Berikan nilai tambah dengan opsi custom untuk menarik pelanggan.

10. Souvenir (Barang):

Jika Anda mahir dalam membuat kerajinan tangan, pertimbangkan untuk menjual souvenir untuk acara pernikahan, pindahan rumah, atau acara lainnya.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Souvenir Pernikahan Unik Minim Budget

11. Thrift Store (Barang):

Jual baju bekas atau second yang berkualitas melalui toko online Anda. Memiliki sense of fashion yang baik akan menjadi kelebihan.

12. Stiker (Barang):

Cari stiker di internet, edit, dan buatlah sticker pack. Jual melalui platform online dengan harga yang menarik.

13. Planner / Journal (Barang):

Dengan popularitas planner dan jurnal, pertimbangkan untuk menjual planner atau journal kustom.

14. Casing HP (Barang):

Karena selalu ada versi baru handphone, casing HP tetap menjadi barang yang dicari. Jual casing HP secara online.

15. Puisi / Pantun (Jasa):

Jika Anda pandai membuat puisi atau pantun, tawarkan jasa pembuatan puisi untuk berbagai keperluan.

10 Ide Usaha Sampingan 2024 yang Bisa Sambil Kerja, Cocok untuk Karyawan

Mengembangkan usaha sampingan adalah suatu langkah cerdas untuk mendapatkan tambahan pendapatan di samping pekerjaan utama. Selain memberikan keuntungan finansial, usaha sampingan juga dapat menjadi peluang untuk mengembangkan keterampilan baru.

Berikut ini adalah beberapa ide usaha sampingan yang dapat dijalankan sambil tetap berkarier pada tahun 2023, sebagaimana disarankan oleh Shopify dan Make Use of:

Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan 2023

  1. Asisten Virtual:

Menjadi asisten virtual merupakan pilihan usaha sampingan online yang ideal. Tugasnya melibatkan manajemen administratif bisnis dari jarak jauh.

2. Afiliasi:

Bagi yang memiliki kemampuan pemasaran, menjadi afiliasi adalah ide yang berpotensi menguntungkan. Mendapatkan komisi dari penjualan produk perusahaan lain merupakan cara untuk menghasilkan pendapatan.

3. Kursus Online:

Bisnis kursus online memungkinkan seseorang untuk mengajar secara daring. Platform bimbingan belajar online dapat membantu dalam mengajar berbagai mata pelajaran seperti mata pelajaran reguler, bahasa, hobi, dan seni.

4. Podcasting:

Podcasting saat ini sangat populer, dan bisa menjadi sumber penghasilan melalui iklan sponsor atau konten berbayar untuk pemirsa tertentu.

5. Influencer:

Menjadi seorang influencer melibatkan memonetisasi kepopuleran di media sosial melalui penjualan produk, kemitraan berbayar, dan pemasaran afiliasi.

6. Fotografi:

Bagi yang memiliki keterampilan fotografi, usaha ini dapat mencakup pemotretan bayi, pernikahan, atau bahkan kerjasama dengan bisnis lokal untuk pemotretan produk.

7. Penyewaan Tempat:

Jika memiliki properti yang tidak digunakan, menyewakannya melalui platform seperti Airbnb dapat menjadi sumber pendapatan yang baik.

8. Freelance Content Writer:

Menawarkan jasa penulisan paruh waktu atau freelance dapat menjadi usaha sampingan yang memuaskan.

9. Freelance Editor:

Keterampilan menyunting dan mengoreksi teks dapat diaplikasikan untuk mendapatkan uang tambahan melalui proofreading dan editing.

10. Travel Reviewer:

Jika pekerjaan utama melibatkan perjalanan, menulis ulasan perjalanan dan mempublikasikannya dapat menjadi usaha sampingan yang menarik.

Penutup

Demikianlah beberapa ide usaha sampingan yang bisa menjadi referensi bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Selamat mencoba dan mengembangkan potensi bisnis sampingan Anda.

Cara Menabung Emas di Rumah untuk Investasi yang Aman

Dalam situasi ketidakpastian finansial, sobat Hello Brides perlu memiliki pemahaman tentang cara menabung emas di rumah untuk merencanakan keuangan jangka panjang maupun jangka pendek.

Emas dikenal sebagai instrumen investasi yang memiliki nilai stabil dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu. Nilai emas tidak terpengaruh oleh inflasi, membuatnya menjadi pilihan yang solid untuk investasi.

Emas yang dimaksudkan untuk ditabung di sini berbentuk emas batangan dengan kadar kemurnian hingga 99,99% atau 24 karat. Bagaimana caranya menabung emas di rumah secara aman dan efektif? Berikut informasinya:

Cara Menabung Emas di Rumah

1. Berkomitmen dalam Menabung Emas:

  • Komitmen adalah kunci utama dalam menabung emas. Pastikan sobat Hello Brides konsisten dalam menjalani proses ini hingga mencapai target yang telah ditentukan.
  • Selalu pantau perubahan harga emas setiap hari.

2. Menyimpan Emas di Tempat yang Aman:

  • Pilih tempat penyimpanan emas dengan cermat untuk menghindari goresan yang dapat mengurangi nilai emas.
  • Simpan emas di tempat terkunci dan sulit dijangkau oleh orang lain. Pastikan hanya sobat Hello Brides yang mengetahui lokasi penyimpanan emas.

3. Hindari Menaruh Emas di Lemari:

  • Hindari menyimpan emas di tempat yang mudah dijangkau, seperti lemari yang sering menjadi sasaran pencurian.
  • Gunakan sistem keamanan ekstra seperti brankas atau ruang tersembunyi.

4. Simpan Emas di Dalam Brankas:

  • Salah satu cara umum adalah menyimpan emas di dalam brankas. Pastikan brankas terbuat dari bahan yang kokoh untuk meningkatkan keamanan.
  • Tingkatkan keamanan brankas dengan penguncian kode yang hanya diketahui oleh sobat Hello Brides.

5. Investasi Emas Secara Digital:

  • Jika keberadaan emas fisik menimbulkan kekhawatiran, pertimbangkan investasi emas secara digital melalui aplikasi Pegadaian Digital.
  • Menabung emas dengan nominal kecil sudah dimungkinkan, dan sobat Hello Brides dapat mentransfernya kepada pemilik rekening Tabungan Emas lainnya melalui aplikasi tersebut.

6. Gunakan Layanan Safe Deposit Box:

  • Jika masih ragu, sobat Hello Brides dapat mempercayakan emas kepada Pegadaian dan menyimpannya di Safe Deposit Box.
  • Fasilitas ini mengurangi risiko kehilangan, kerusakan, dan pencurian emas yang mungkin terjadi jika disimpan di rumah.

Penutup

Dengan memahami cara menabung emas di rumah ini, sobat Hello Brides dapat menjaga keamanan investasi jangka panjang dari risiko kerusakan, kehilangan, hingga pencurian.

7 Kelebihan dan Kekurangan Rumah Subsidi yang Perlu Dipahami

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Subsidi – Saat mencari hunian terjangkau, mempertimbangkan rumah subsidi dapat menjadi pilihan yang baik. Program subsidi ini, yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR, dirancang untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) memenuhi kebutuhan perumahan mereka.

Pembelian rumah subsidi dapat dilakukan melalui skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR), baik konvensional maupun syariah.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Subsidi

Dalam mengajukan KPR subsidi, masyarakat mendapatkan sejumlah bantuan pemerintah, termasuk Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Bantuan Uang Muka (SBUM), Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), dan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).

Namun, perlu dicatat bahwa KPR subsidi hanya dapat diajukan oleh MBR atau masyarakat menengah ke bawah. Meskipun demikian, kemudahan pengajuan kredit rumah dan dukungan pemerintah dalam pembiayaan perumahan menjadi beberapa keuntungan utama rumah subsidi. Berikut adalah beberapa keuntungan rumah subsidi yang perlu dipertimbangkan:

Keuntungan Beli Rumah Subsidi

1. Harga dan Cicilan Terjangkau

Rumah subsidi memiliki harga yang terjangkau, dengan kisaran harga mulai dari Rp162 juta hingga Rp200 jutaan. Harga yang murah ini membuat cicilan kredit rumah subsidi relatif terjangkau. Dengan suku bunga KPR tetap sekitar 5%, cicilan bulanan dapat menjadi lebih terkendali.

2. Tenor Pinjaman Panjang

Keuntungan lainnya adalah tenor pinjaman yang dapat mencapai 20 tahun. Jika Anda seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), Anda bahkan dapat mengajukan KPR Tapera dengan tenor hingga 30 tahun, dengan catatan gaji maksimal Rp8 juta hingga Rp10 juta.

3. Uang Muka Rendah

Selain harga dan cicilan yang rendah, rumah subsidi memberikan keuntungan uang muka yang terjangkau. Masyarakat yang mengajukan KPR subsidi hanya perlu menyiapkan uang muka sekitar 1% dari total harga jual rumah.

Baca Juga: 13 Cara Beli Rumah Tanpa Riba, Solusi Cicil Bebas Denda

4. Bebas PPN

Pembelian rumah subsidi juga membebaskan Anda dari kewajiban membayar Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Kriteria rumah subsidi yang tergolong sederhana, dengan harga mulai dari Rp162 juta hingga Rp200 jutaan, memenuhi syarat untuk pembebasan PPN sesuai regulasi terkait.

Dengan mempertimbangkan keuntungan-keuntungan ini, pembelian rumah subsidi dapat menjadi solusi yang bijak bagi mereka yang ingin memiliki hunian sendiri dengan keterbatasan anggaran.

5. Syarat Pengajuan Mudah

Keuntungan pertama adalah persyaratan pengajuan yang cukup mudah. Calon pembeli rumah subsidi harus memenuhi beberapa syarat, antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 21 tahun.
  • Berpenghasilan tetap, dengan batas maksimal Rp4 juta untuk rumah tapak dan Rp7 juta untuk rumah sejahtera susun.
  • Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
  • Mengumpulkan fotokopi Surat Pemberitahuan (SPT) dan bukti Pajak Penghasilan (PPh).
  • Tidak memiliki rumah pribadi.
  • Belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk kepemilikan rumah.

6. Pengembang Terpercaya

Hanya pengembang yang memiliki izin resmi dari pemerintah yang dapat mengembangkan perumahan subsidi. Kerjasama pemerintah hanya terjalin dengan pengembang yang memiliki rekam jejak positif dalam proses pengembangan.

7. Kualitas Bangunan Lebih Baik

Meskipun harga terjangkau, rumah subsidi tetap dibangun sesuai standar. Pengembang wajib memiliki Sertifikat Laik Fungsi (SLF) sebagai bukti bahwa bangunan tersebut aman. Dengan adanya SLF, calon pembeli dapat yakin terhadap kualitas bangunan dan pelayanan.

Baca Juga: Bukan Cuma Impian, Berikut 8 Cara Hemat Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

8. Fasilitas Memadai

Banyak perumahan subsidi dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, termasuk aliran listrik, air bersih, dan sistem drainase yang baik.

Kekurangan Rumah Subsidi:

Namun, seperti halnya jenis hunian lainnya, rumah subsidi juga memiliki beberapa kekurangan:

1. Lokasi di Kawasan Pinggiran

Rumah subsidi seringkali terletak di kawasan pinggiran kota atau kota satelit karena harga tanah di sana lebih terjangkau. Penting bagi calon pembeli untuk mempertimbangkan akses transportasi umum dan fasilitas umum di sekitar perumahan sebelum membuat keputusan.

2. Ukuran Rumah yang Terbatas

Rumah subsidi memiliki ukuran tanah dan bangunan yang terbatas, umumnya antara 60 hingga 200 meter persegi untuk tanah dan 21 hingga 36 meter persegi untuk bangunan. Hal ini membuat rumah subsidi dikategorikan sebagai hunian sederhana.

Baca Juga: 9 Ciri Istri Penghambat Rezeki Suami yang Bikin Keuangan Rumah Tangga Seret

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah subsidi, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat keuntungan dan kekurangannya.

Semoga artikel yang membahas Kelebihan dan Kekurangan Rumah Subsidi ini dapat membantu dalam pengambilan keputusan perumahan yang tepat.

13 Cara Beli Rumah Tanpa Riba, Solusi Cicil Bebas Denda

Sebagai masyarakat muslim terbesar di dunia, banyak orang Indonesia yang lebih berminat untuk beli rumah tanpa riba dengan sistem KPR syariah.

Selain sesuai dengan ajaran Islam, metode ini juga dianggap lebih menguntungkan daripada KPR konvensional.

Dalam skema pembelian rumah bank konvensional, kamu pasti sering mendengar tentang suku bunga. Singkatnya, suku bunga sendiri adalah imbal jasa atas pinjaman uang yang dikenakan perbankan kepada debiturnya.

Besaran suku bunga sendiri bermacam-macam, tergantung pada ketentuan pemerintah dan bank yang bersangkutan. Namun tak dimungkiri, jika suku bunga adalah salah satu faktor yang memberatkan masyarakat dalam melunasi cicilan rumah.

Ditambah lagi adanya bunga yang dianggap bertentangan dengan syariat Islam. Bagi kamu yang beragama muslim, ada baiknya untuk membeli rumah tanpa riba.

Beli rumah tanpa riba? Bisa-bisa saja dilakukan, kok! Sebagian orang menganggap membeli rumah dengan sistem KPR syariah merupakan solusi untuk menghindari riba. Sistem ini juga kerap dianggap lebih menguntungkan daripada KPR konvensional.

Berikut beberapa cara dan tips beli rumah secara tunai yang wajib diketahui.

1. Cash keras

Beli rumah cash merupakan salah satu opsi jika Anda memiliki banyak tabungan. Anda bisa membeli rumah langsung ke developer secara cash. Beberapa developer kerap memberikan diskon jika membayar dengan sistem cash keras.

Sistem ini mengharuskan Anda untuk menyiapkan budget besar sesuai dengan harga rumah ditambah dengan biaya-biaya lainnya. Sesuaikan tipe rumah dengan budget yang dimiliki. Jika belum memiliki tabungan, Anda bisa mulai menabung atau investasi terlebih dahulu.

Sebaiknya sisihkan minimal 30% dari penghasilan setiap bulannya. Manfaatkan THR dan bonus untuk menambah tabungan membeli rumah. Jika memungkinkan, miliki pekerjaan sampingan, seperti freelancer atau memulai bisnis untuk menambah penghasilan.

Ada beberapa tips menabung untuk membeli rumah lainnya, Anda dapat membacanya melalui artikel berikut: Tips Menabung untuk Membeli Rumah dengan Gaji UMR

2. Beli rumah dengan tunai bertahap

Developer memiliki cara bayar dengan sistem tunai, tunai bertahap, dan kredit melalui bank. Tunai bertahap atau cash installment bisa menjadi alternatif untuk Anda yang ingin beli rumah tanpa riba. Sistem ini memiliki jangka waktu mulai dari 12 bulan hingga 60 bulan.

Misalnya Anda membeli rumah dengan harga Rp400 juta selama 36 bulan. Maka setiap bulan, Anda harus membayar sejumlah Rp11,1 juta per bulan. Skema ini mirip dengan cicilan, hanya saja jangka waktu pembayaran cash bertahap lebih pendek dan tanpa bunga.

Baca Juga: Bukan Cuma Impian, Berikut 8 Cara Hemat Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

3. Beli rumah melalui KPR syariah

Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan opsi untuk Anda yang ingin memiliki rumah dengan dana terbatas. Jika ingin beli rumah tanpa riba tetapi belum bisa secara cash keras atau cash bertahap, maka KPR syariah bisa dijadikan solusi.

Sesuai namanya, KPR syariah merupakan produk KPR yang memiliki perbedaan skema dengan prinsip syariah Islam. Hal yang membedakannya dengan KPR konvensional adalah akad yang digunakan dan angsuran bunga flat hingga angsuran berakhir.

Hal ini berbeda dengan KPR konvensional yang memiliki suku bunga floating, dimana jumlah cicilan akan meningkat dalam beberapa tahun ke depan mengikuti BI rate. Sementara KPR menggunakan akad syariah sesuai dengan tujuan pembiayaan Anda, seperti Akad Murabahah, Akad Istishna, Akad Musyarakah Mutanaqisah, dan Akad Ijarah Muntahiyah bi Tamlik.

Baca Juga: 9 KPR Syariah Termurah dan Mudah Pengajuan Serta Simulasi Cicilan

4. Membangun rumah secara bertahap

Jika budget terbatas untuk membeli rumah siap huni, Anda bisa membangun rumah secara bertahap. Tahapan pertama, beli tanah secara cash tanpa riba. Setelahnya, bangun rumah secara bertahap, misalnya tanpa perlu finishing terlebih dahulu asal rumah bisa ditempati sesuai fungsinya.

5. Mengajukan cicilan KPR langsung ke developer

Cara Hemat Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Baca Juga: Kredit Mobil Syariah: Pengertian, Syarat, Cara Pengajuan, dan Simulasi Cicilan

Beli rumah tanpa riba selanjutnya adalah dengan mengajukan cicilan langsung ke developer properti syariah. Saat ini ada banyak developer properti syariah yang memiliki cara pembayaran melalui cicilan tanpa perantara bank. Umumnya tenor yang ditawarkan cukup singkat, yaitu 1-5 tahun. Namun, pastikan untuk memeriksa legalitas developer sebelum akhirnya membeli rumah melalui developer properti syariah.

6. Beli rumah bekas dengan negosiasi

4 Syarat Pinjaman KUR BRI dan Jenis Usaha yang Layak Disetujui

0

Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah salah satu program pemerintah dalam meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Nantinya, KUR akan disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola peminjaman, salah satunya oleh BRI.

Sebagai bank penyalur KUR terbesar di Indonesia, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk akan mulai menyalurkan KUR BRI sejak Maret 2024. Penyaluran KUR ini dilakukan setelah terbitnya perangkat kebijakan KUR tahun 2024, seperti yang tertera dalam Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Permenko No. 1 Tahun 2024 dan perangkat pendukung lainnya.

Sebagai informasi, BRI mendapatkan alokasi penyaluran KUR sebesar Rp 270 triliun untuk tahun ini. Lalu, bagaimana syarat dan cara mengajukan KUR BRI 2024 bagi para calon debitur? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

Syarat dan Ketentuan KUR BRI 2024

Dalam laman resmi BRI, syarat dan ketentuan KUR BRI 2024 terbagi menjadi tiga jenis, yakni untuk KUR Mikro Bank BRI, KUR Kecil Bank BRI, dan KUR TKI Bank BRI.

Simak masing-masing syarat dan ketentuan KUR BRI 2024 secara lengkap di bawah ini

1. Syarat dan Ketentuan KUR Mikro Bank BRI

Adapun sejumlah ketentuan bagi calon debitur, yakni sebagai berikut:

  • Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak.
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal selama 6 bulan.
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif, seperti KPR, KKB dan Kartu Kredit.
  • Memiliki persyaratan administrasi berupa KTP, Kartu Keluarga, dan Surat Ijin Usaha

Lalu, ketahui juga sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon debitur, yakni:

  • Maksimal pinjaman sebesar Rp50 juta per tahun.
  • Dapat memiliki jenis pinjaman, seperti Kredit Modal Kerja (KMK) maksimum selama 3 tahun dan Kredit Investasi (KI) dengan maksimal 5 tahun pinjaman.
  • Suku bunga 6% efektif per tahun.
  • Bebas biaya administrasi dan provisi.

2. Syarat dan Ketentuan KUR Kecil Bank BRI

Untuk calon debitur yang mengajukan program KUR Kecil Bank BRI, ketahui sejumlah ketentuannya di bawah ini:

  • Mempunyai usaha produktif dan layak.
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan kecuali kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan Kartu Kredit.
  • Telah melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan.
  • Memiliki Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat izin usaha lainnya yang dapat dipersamakan.

Selain itu, ketahui juga sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi, di antaranya:

  • Pinjaman Rp 50-500 juta.
  • Bisa memiliki jenis pinjaman, seperti Kredit Modal Kerja (KMK) maksimum selama 4 tahun dan Kredit Investasi (KI) dengan maksimal 5 tahun pinjaman.
  • Suku bunga 6% efektif per tahun.
  • Agunan sesuai dengan peraturan bank.

3. Syarat dan Ketentuan KUR TKI Bank BRI

Ini sejumlah ketentuan bagi calon debitur yang ingin mengajukan KUR TKI Bank BRI:

  • Individu (perorangan) calon TKI yang akan berangkat bekerja ke negara penempatan.
  • Persyaratan administrasi seperti KTP atau KK, perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, paspor, visa, dan lainnya sesuai permintaan.

Lalu, ada juga berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, yakni:

  • Maksimal pinjaman Rp 25 juta atau berdasarkan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.
  • Suku bunga 6% efektif per tahun.
  • Bebas biaya administrasi dan provisi.
  • Maksimal pinjaman 3 tahun atau sesuai dengan kontrak kerja.
  • Penempatan bisa berada di Singapura, Hong Kong, Taiwan, Brunei, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia.

Cara Mengajukan KUR BRI 2024

Bagi calon debitur yang ingin mengajukan KUR BRI 2024, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni via online atau datang langsung ke Bank BRI terdekat.

Via Online di kur.bri.co.id

Walau cara mengajukan KUR BRI 2024 bisa dilakukan secara online, namun detikers tetap diarahkan ke unit kerja Bank BRI terdekat untuk proses penandatanganan berkas.

Simak cara mengajukannya di bawah ini.

  • Buka laman kur.bri.co.id
  • Pilih “Ajukan Pinjaman”
  • Login menggunakan akun email pribadi. Jika belum memiliki akun, maka pilih “Daftar” atau bisa juga dengan mendaftar melalui akun google
  • Silahkan tunggu verifikasi dari pihak BRI melalui e-mail yang sudah didaftarkan tadi.
  • Jika sudah, maka kembali menuju halaman login di awal, masuk menggunakan e-mail dan password
  • Klik “Ajukan Pinjaman KUR”
  • Baca dengan teliti halaman ketentuan dan syarat, kemudian klik “Saya adalah nasabah BRI” serta “Setuju dan Ajukan Pinjaman)
  • Lalu klik “Im not a Robot”
  • Kemudian isi informasi data diri secara lengkap dan benar
  • Isi juga data usaha yang dimiliki secara lengkap
  • Unggah beberapa dokumen pendukung lainnya
  • Klik selanjutnya untuk masuk ke halaman pengajuan pinjaman
  • Isi data pengajuan (nominal pengajuan dan tenor)
  • Klik hitung angsuran untuk melihat angsuran akan dibayar
  • Klik ajukan pinjaman
  • Setelah beberapa saat muncul halaman pengajuan informasi mengenai apakah pinjaman telah disetujui atau tidak.

Datang Langsung ke Bank BRI Terdekat

Jika cara mengajukan KUR BRI via online dirasa rumit, kamu bisa datang langsung ke kantor cabang Bank BRI terdekat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Siapkan segala bentuk syarat dokumen untuk pengajuan KUR BRI 2024, seperti KTP,
  • Kartu Keluarga (KK), Akta nikah, NIB atau surat keterangan usaha dari kelurahan, RT, dan RW, serta NPWP.
  • Kunjungi kantor cabang BRI terdekat
  • Ambil nomor antrian dan tunggu sampai dipanggil
  • Saat giliranmu tiba, silahkan sampaikan pada customer service Bank BRI bahwa kamu
  • ingin mengajukan KUR BRI 2024
  • Ikuti prosedur pengajuan KUR BRI 2024 seperti yang dijelaskan petugas.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai syarat dan cara mengajukan KUR BRI 2024 terbaru. Semoga artikel ini dapat membantu ya brides!

Alasan Kenapa Setiap Pengendara Harus Memiliki Asuransi Kendaraan Bermotor

Perkembangan kendaraan bermotor begitu masif di Indonesia. Menurut data kendaraan per pulau dari Korlantas Polri, jumlah kepemilikan kendaraan di tanah air telah mencapai lebih dari 150 juta unit. Tingginya angka ini tidak terlepas dari pentingnya fungsi kendaraan bermotor, seperti mobil dan motor, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta. Punya kendaraan sendiri bisa bantu kamu meningkatkan efisiensi waktu ketika berangkat kerja.

Masalahnya, di jalanan kota besar kerap ditemui kejadian tak terduga, mulai dari bodi mobil tergores hingga penyok. Agar risiko-risiko seperti ini dapat terproteksi, kamu butuh asuransi kendaraan bermotor, termasuk untuk kamu yang punya sepeda motor.

Apa saja yang bisa didapatkan dari asuransi kendaraan bermotor?

Asuransi kendaraan bermotor merupakan produk asuransi yang dapat menanggung biaya perbaikan kendaraan hingga mengganti biaya kehilangan, baik itu pertanggungan untuk kendaraan motor milik pribadi ataupun pertanggungan dari pihak ketiga. Asuransi ini penting dimiliki, termasuk untuk kamu yang punya hobi berkendara ke berbagai tempat bersama rombongan atau touring.

Hal itu dilakukan karena berbagai kejadian tidak diduga seperti kendaraan rusak tiba-tiba, tersenggol kendaraan lain, hingga kecelakaan, dapat saja terjadi. Dengan memiliki asuransi, kamu tidak perlu khawatir karena biaya perbaikan kendaraan nantinya akan ditanggung, baik sebagian maupun keseluruhan.

Selain biaya perbaikan, asuransi juga dapat menjamin biaya ganti jika kendaraan bermotor kamu hilang dicuri atau mengalami perampokan. Asuransi kendaraan bermotor yang juga terkadang disebut sebagai asuransi TLO ini dapat mengganti biaya sesuai dengan harga motor setelah penyusutannya. Kamu hanya perlu membuat laporan terkait kasus kehilangan motor pada polsek terdekat di lokasi hilangnya motor.

Nantinya, pihak asuransi akan melakukan verifikasi data terkait laporan kehilangan dengan melakukan cek tempat kejadian hingga wawancara dengan saksi mata. Jika sudah sesuai dengan data yang dilaporkan, klaim kendaraan dapat dicairkan dalam 30 hari kerja.

Tips memilih asuransi kendaraan bermotor

Sebelum memutuskan untuk mendaftarkan kendaraan bermotor kamu di asuransi, kamu perlu bijak dalam memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan. Hal itu dilakukan agar premi yang kamu bayar bisa sesuai dengan kebutuhan terhadap asuransi tersebut. Selain itu, pastikan juga asuransi pilihan kamu memiliki bengkel rekanan yang tersebar di setiap wilayah di Indonesia, terutama di kota-kota besar, agar proses reimburse dapat berjalan mudah.

Di samping itu, kamu pun perlu membaca syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menghindari kerugian akibat klaim yang tidak dapat diterima karena faktor tertentu. Cari tahu juga sistem klaim yang dilakukan, apakah bersifat cashless atau reimburse.

Sistem cashless artinya klaim asuransi tidak dalam bentuk uang, namun langsung mengganti biaya perbaikan dengan koordinasi melalui bengkel rekanan. Sementara itu, sistem reimburse artinya kamu harus membayar biaya perbaikan terlebih dahulu, baru setelah itu pihak asuransi akan mengganti seluruh biaya perbaikan sesuai dengan nota dari bengkel rekanan.

Aplikasi Kencan Cari Jodoh Serius, Jomblo Wajib Download!

“Swipe right, swipe left.” Siapa yang suka cari pasangan lewat aplikasi kencan online atau dating app?

Aplikasi kencan online merupakan alternatif baru yang akhir-akhir ini banyak digunakan masyarakat untuk mencari pasangan. Teknologi ini dapat mempertemukan Anda dengan lawan jenis dari berbagai latar belakang dan wilayah. Berbekal smartphone, kini menemukan teman ngobrol baru yang bahkan bisa berujung status percintaan menjadi lebih mudah.

Meskipun sempat menjadi kontra karena kemungkinan penipuan yang dialami, namun kini dating app Indonesia masih banyak digandrungi, terutama bagi remaja dan dewasa. Penasaran mencoba peruntungan? Cek rekomendasi aplikasi kencan online Indonesia dari hasil survei Populix berikut!

Apa itu Aplikasi Kencan Online

Dating app atau aplikasi kencan online adalah platform yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan teman ngobrol, pasangan, atau teman kencan dengan melihat identitas masing-masing dan berkenalan melalui fitur chat. Biasanya, aplikasi tersebut dipilih karena tujuan utamanya yang lebih dari sekedar media sosial pada umumnya.

Di Indonesia sendiri sudah cukup banyak aplikasi kencan online free yang bisa dicoba. Tentu, setiap aplikasi memiliki fitur unggulannya masing-masing. Mau tahu apa saja pilihan dan fiturnya? Simak daftar rekomendasi aplikasi kencan online Indonesia terbaik berikut ini!

Aplikasi Kencan Cari Jodoh Serius

Menemukan pasangan hidup tentu bukan perkara ringan. Banyak kriteria yang kita terapkan untuk mencapai hubungan asmara yang ideal, menurut standard masing-masing.

Bahkan, saking banyaknya kriteria kekasih yang dipatok, seseorang bisa betah berlama-lama menjomblo. Alasannya, karena cowok maupun cewek yang ditemui belum sesuai dengan standard yang ditetapkan.

Namun, di era modern saat ini beragam cara telah tersedia yang bantu memudahkan. Aplikasi kencan online salah satunya.

Aplikasi kencan online bisa menjadi jawaban. Kemudahan akses yang diberikan di dunia serba digital terbukti bisa membantu kita menemukan soulmatelho!

Takut tertipu, kena scam, atau bahkan menjadi korban kekerasan seksual gara-gara dating apps? Berikut beberapa rekomendasi aplikasi kencan online terbaik untuk para pemula.

Daftar Aplikasi Kencan Online Terbaik

Tips Menabung untuk Membeli Rumah dengan Gaji UMR

Banyak tips menabung untuk membeli rumah dengan gaji Upah Minimum Regional (UMR) yang beredar, tetapi apakah tips tersebut benar-benar efektif?

Untuk dapat memahami ide besar dari menabung agar bisa membeli rumah dengan gaji UMR, berikut beberapa strategi yang perlu dipahami.

Ingatkah Anda pernyataan kontroversial Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani, yang menyatakan bahwa “Milenial sulit untuk bisa punya rumah”?

Meskipun pernyataan tersebut cukup logis mengingat tingkat inflasi dan harga properti saat ini, bukan berarti milenial dengan gaji UMR tidak dapat memiliki rumah. Sulit bukan berarti tidak mungkin. Dengan beberapa strategi, masih ada cara untuk menabung dan akhirnya memiliki rumah sendiri.

Berikut adalah 9 tips menabung untuk membeli rumah meski dengan gaji UMR:

  1. Selalu Buat Anggaran Keuangan:

Buatlah anggaran keuangan bulanan, termasuk alokasi tabungan untuk rumah. Meskipun nominalnya kecil, konsistensi dalam menabung adalah kunci.

2. Buat Target Menabung:

Tetapkan target jumlah dan periode tabungan. Meskipun sulit, konsistensi akan membuat proses menabung lebih efektif.

Setelah menetapkan jangka waktu untuk membeli rumah, langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah uang yang perlu disimpan atau diinvestasikan. P

ilihlah produk tabungan atau investasi yang dapat memberikan hasil yang signifikan namun tetap memiliki risiko yang terkendali. Hal ini bertujuan agar jumlah uang yang berhasil kamu kumpulkan dapat mencukupi untuk membayar uang muka rumah yang dibutuhkan.

3. Pisahkan Rekening Tabungan:

Gunakan rekening terpisah khusus untuk menyimpan uang tabungan. Ini membantu menghindari pengeluaran impulsif.

4. Susun Skala Prioritas Kebutuhan:

Tentukan skala prioritas kebutuhan bulanan, fokus pada yang penting dan mendesak, untuk menjadi lebih hemat.

5. Pertimbangkan Keuntungan Reksadana untuk Investasi:

Gunakan reksadana, khususnya reksadana pendapatan tetap, sebagai investasi untuk membantu menumbuhkan nilai uang seiring waktu.

6. Cari Informasi Soal KPR Subsidi:

Cari informasi tentang KPR subsidi dengan bunga tetap dan jangka waktu panjang. Program ini dapat membantu masyarakat dengan gaji UMR memiliki rumah sendiri.

7. Sebisa Mungkin Hindari Berutang:

Hindari berutang agar pendapatan fokus untuk membayar tagihan KPR. Lunasi utang sebelum mengajukan KPR.

8. Terapkan Gaya Hidup Hemat:

Kurangi pengeluaran konsumtif, ubah gaya hidup, dan alihkan pengeluaran yang tidak perlu ke anggaran tabungan.

9. Konsisten dan Sabar:

Konsisten menabung secara rutin dan bersabar adalah kunci utama. Evaluasi dan perbaiki strategi jika belum mencapai target.

Menabung untuk membeli rumah dengan gaji UMR memang tidak mudah, tetapi dengan perencanaan yang baik dan konsistensi, impian memiliki rumah sendiri dapat terwujud.