Tips Sederhana Mencegah dan Mengatasi Mata Merah Setelah Berenang

Populer Hari Ini

Renang merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan.

Dikutip dari Halodoc, renang punya manfaat menguatkan otot dan tulang, melatih pernapasan, menyehatkan jantung, meredakan radang sendi, serta sensasi relaksasi. Sederet manfaat tersebut jadi alasan mengapa olahraga akuatik ini digemari orang-orang.

Sayangnya, di balik manfaat yang dimiliki, terdapat efek yang tidak menyenangkan setelah renang. Efek tersebut adalah mata menjadi merah dan terkadang terasa perih.

Melansir dari Hello Sehat, hal ini terjadi karena klorin di dalam air yang terkontaminasi oleh urine, keringat, sel kulit, deodoran dan make up yang menempel pada tubuh.

Klorin yang terkontaminasi tersebut berubah menjadi zat iritan yang disebut kloramin. Agar tidak terjadi lagi dan renang jadi lebih menyenangkan, berikut cara mencegah mata merah setelah berenang.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Nipple Cream untuk Atasi Puting Lecet Karena Menyusui

Gunakan kacamata renang

Penggunaan kacamata khusus renang sangat disarankan. Cara ini bertujuan untuk mencegah terjadinya mata merah setelah berenang.

Ini karena kacamata renang telah dirancang untuk melindungi mata dari zat iritan seperti kloramin. Selain itu, penggunaan kacamata juga ditujukan agar perenang mampu melihat lebih baik di dalam air.

Mencuci mata

Selanjutnya adalah mencuci mata sehabis berenang. Langkah ini dilakukan untuk meluruhkan berbagai senyawa kimia yang menempel di sekitar mata serta tubuhmu.

Lakukan cara ini dengan menggunakan air keran sambil menutup mata kamu, ya. Oh iya, selain mencegah, mencuci mata juga mampu mengobati mata merah, lho!

Trending

Artikel Terkait: